Ujian Tengah Semester Akademi Konsultan Bisnis Syariah CORe ISEC, Penuh Semangat dan Kebersamaan!

 Tibalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh para peserta AKBS dan Insya Allah para calon konsultan bisnis syariah, yaitu Ujian Tengah Semester alias UTS! 

Sabtu pagi di Jogjakarta, cuaca mendung hujan rintik syahdu. Saya berangkat sesegera mungkin agar tidak terlambat. Alhamdulilah sampai di hotel Indah Palace Jogjakarta dengan waktu yang masih longgar sebelum acara dimulai. Sudah banyak peserta yang hadir juga, dan ada yang sudah datang sejak hari sebelumnya. Senang sekali bisa bertemu langsung dengan sahabat-sahabat AKBS di seluruh Indonesia, bahkan ada yang dari Malaysia bisa hadir ujian offline. Masya Allah. 

Sebelum ujian dimulai, acara dibuka oleh host yang sudah tidak asing lagi di AKBS. Cukup seru dan mampu memecahkan suasana yang sepertinya tegang jelang ujian. Kemudian selanjutnya adalah bersama-sama membaca dan mengulang hafalan 16 ta'rif yang akan disetorkan. Dipandu oleh UDC agar peserta tidak ada yang keliru lagi dalam membaca ta'rif. 

Host AKBS yang memandu seluruh rangkaian acara. Doc. AKBS

Ujian Lisan 

Pada ujian lisan ini, peserta menyetorkan hafalannya (Hafalan 16 Ta'rif wajib) ke guru-guru dan yang sudah diberi tugas untuk menguji. Khusus untuk peserta akhwat, setoran ke ustadzah Alina. Ujian berlangsung satu per satu secara bergilir. Dan ujian setoran hafalan ini ada penilaian serta gradenya. Dinilai apakah katagori lancar, tidak lancar, dsb. 


Adapun hafalan-hafalan tersebut adalah: 

HAFALAN 16 DEFINISI (TA’RIF)

1. Definsi Aqad

2. Definisi Jual-Beli

3. Definisi Jual-Beli Saham

4. Definisi Jual-Beli Istishna’

5. Definisi Samsarah

6. Definisi Ijarah

7. Definisi Syirkah

8. Definisi Dayn (Utang)

9. Definisi Qordh

10. Definisi Riba

11. Definisi Gadai

12. Definisi Kafalah (Dhaman)

13. Definisi Wadi’ah

14. Definisi Ji’alah (Ju’alah)

15. Definisi Hawalah

16. Definisi Wakalah




Terlihat sedikit ya, tapi ternyata menghafalnya cukup butuh effort yang tidak mudah. Harus terus diulang-ulang. Dilihat lagi ada kesalahan ucap atau tidak. Bagi saya, menghafal ta'rif ini lebih sulit dari menghafalkan ayat alquran. Ternyata bagi teman-teman lain juga demikian. Ditambah lagi dengan faktor U yang sudah tidak muda lagi, haha. Namun, harus tetap semangat ya. Dan, di sinilah kami hari ini. Bismillah ikut ujian. 

Sesi penyerahan hadiah bagi 5 peserta yang mumtaz

Ujian lisan ini saya dapat nomor 6. Tetap deg-degan. Alhamdulillah terlewatkan. Meski ada satu ta'rif yang sedikit keliru satu kata. Duh. Pasrah deh. Yang jelas proses sudah dijalankan dan usaha juga optimal. Kalau kepleset dikit dimaklumi ya. Haha ngeles. Alhamdulilah masuk dalam 5 peserta yang mendapat predikat mumtaz pada ujian lisan di UTS ini. Tak kalah senangnya, kami mendapatkan bonus berupa jaket/rompi keren dari AKBS. Alhamdulilah ala kulli haal.


Sesi ice breaking, melemaskan otot yang tegang

Host memandu peserta agar tidak ngantuk 


Ujian Tulis

Pada ujian tulis ini peserta diberikan tugas untuk menulis 16 ta'rif berikut artinya. Dan juga pertanyaan seputar rukun, dan syaratnya. Di ujian ini, tangan saya sampai tremor, karena kaget. Iya, hampir tidak pernah menulis tangan. Selama ini nulis lewat keyboard. Jadilah tulisannya acak kadut gak karuan, mana banyak coretannya pula, haha. Tapi Alhamdulilah ujian tulis ini dilalui dengan baik. Begitu pun dengan para peserta lainnya, semua ikut antusias dan semangat dalam mengerjakan ujian tulis ini. 

Ujian tulis yang cukup melelahkan jari tangan

wajah-wajah serius peserta AKBS mengerjakan ujian tulis

Ujian Studi Kasus (Kelompok)

Tak kalah serunya, ujian sesi analisis akad metode kanvas ini begitu hectic. Iya, masing-masing kelompok diberi tugas untuk menganalisis akad dari studi kasus yang diberikan oleh guru. Pastinya ada perbedaan pendapat dan perbedaan sudut pandang memahami kasus. 


Kami di kelompok akhwat masing-masing diberi tugas. Setelah melewati diskusi yang cukup alot dan seru, waktu pun tiba untuk masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya. Dari kelompok kami yang maju untuk presentasi adalah Ibu Siti Murtiyani. 





Ujian demi ujian sudah terlewati dan sudah kami selesaikan. Tak terasa waktu pun berakhir. Agenda ujian tengah semester pun ditutup dengan penutupan dan juga pesan kesan oleh gurunda. Tak lupa kami pun foto bersama untuk mengabadikan momen berharga ini. Bersiap untuk kembali kuliah dan juga persiapan mengerjakan ujian akhir semester di bukan Juli mendatang. Jadi, mari kita siapkan dengan optimal. Target insyaAllah Mumtaz. Aamiin. Doakan ya teman-teman. 



Sore itu, kembali Jogja diguyur hujan. Allahumma Shoyyiban Naafi'an. Selamat jalan. Fii amanillah untuk semua peserta AKBS yang akan safar dan kembali ke tempat asal. Sampai ketemu kembali di UAS alias ujian akhir. Semangat!


Ingin bergabung dan menjadi calon konsultan juga? Jangan ragu untuk klik ke sini ya

nunung nurlaela
nunung nurlaela Momblogger of 5. lecturer, writer

Posting Komentar untuk "Ujian Tengah Semester Akademi Konsultan Bisnis Syariah CORe ISEC, Penuh Semangat dan Kebersamaan!"